Rabu, 27 Agustus 2014

Jajanan Khas Blitar

Ternyata Blitar mempunyai beberapa jajanan atau makanan khas dari kota ini yang wajib dicoba
buat siapa saja yang mampir ke Kota Blitar :
1.
Wajik Kletik
Wajik adalah makanan yang sangat dikenal oleh masyarakat Jawa. Makanan yang terbuat dari beras ketan,
gula merah ini sering hadir dalam acara hajatan masyarakat.Wajik Kletik Blitar menjadi camilan khas karena dibalut dengan khas bungkus yang khas yaitu Klobot jagung. Klobot adalah pelepah tongkol jagung yang telah dibersihkan dan ditata dan dirapikansedemikian rupa. Setiap bungkusan Wajik diberi merek pembuat, dijahit dengan benang, dandirenteng dengan bungkusan wajik lainnya. Bungkus klobotnya kemudian dirapikan bagian pinggirnya.Satu renteng berisi lima bungkusan wajik klethik.
2.
Sambal Pecel
Sambal pecel adalah pelengkap saat kita menyantap nasi pecel. Nah, di Blitar adalah merupakan tempat rajanya sambal pecel. Karna sambal yang satu ini merupakan termasuk dalam salah satu oleh-oleh khas Blitar. Sambal inilah yang membedakan nasi pecel di Kota Blitar berbeda dengan pecel madiun, pecel surabaya, dan sebagainya
3.
Belimbing Karangsari

Pada salah satu desa di Kota blitar, Desa Karangsari, merupakan desa wisata yang terkenal dengan wisata belimbingnya. Yang membedakan belimbing karangsari ini berbeda dengan belimbing lainnya adalah belimbing karangsari memiliki ukuran yang lebih besar dari belimbing biasa, dengan warna kuning kemerahan yang mencolok dan rasa yang dominan manis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar