Rabu, 27 Agustus 2014

Sekilas Tentang Jurusan Psikologi

Karna saya adalah satu mahasiswi jurusan psikologi di Universitas Muhammadiyah Malang, maka untuk postingan kali ini saya akan berbagi sedikit info seputar psikologi.
Buat teman-teman yang belum tau, psikologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang jiwa, diambil dari bahasa Latin "phschologia". Di jurusan ini kita akan mempelajari tentang tingkah laku manusia dan proses mental yang melatarbelakangi munculnya perilaku tersebut, karna tingkah laku yang terlihat sama proses mental yang melatarbelakanginya bisa berbeda. disini kita juga dituntut untuk mempunyai daya analisa yang kuat, sehingga dalam kasus kehidupan nyata kita mampu mengaplikasikan berbagai teori psikologi untuk menyel;esaikan maslah dalam serangkain aktivitas manusia yang luas. saat ini profesi psikologi dapat menangani bidang:
  • psikologi anak
  • psikologi industri
  • psikologi perkembangan
  • psikologi pendidikan
  • psikologi organisasi
  • psikologi klinis
  • psikologi sosial
Untuk prospek kerja jurusan psikologi dapat terjun diberbagai bidang pekerjaan antara lain psikolog/konsultan di biro pelayanan jasa psikologi, staf dan manajer di bagian pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), psikolog di rumah sakit, instansi, dan industri.

Keunggulan Jurusan Psikologi UMM

Belajar di Fakultas Psikologi UMM yang berakreditasi A juga dilatih kepekaan dan kepeduliannya dalam menyikapi masalah-masalah psikologis yang ada di masyarakat. Seminar-seminar dengan tema-tema aktual yang bertujuan mendiskusikan masalah-masalah yang terjadi di masyarakat kerap diadakan. Mahasiswa mempunyai banyak kesempatan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan ilmiah semacam ini, di samping kuliah-kuliah tamu yang kerap pula dilakukan dengan pembicara pakar-pakar dari dalam maupun luar negeri. Diharapkan wawasan mahasiswa menjadi bertambah luas tidak hanya sebatas pada ilmu yang diperoleh di kelas saja.

Nilai tambah lain bila belajar psikologi di Fakultas Psikologi UMM adalah adanya bekal keagamaan. Nilai-nilai agama dan wawasan keagamaan senantiasa ditanamkan melalui mata-mata kuliah yang berorientasi pada akidah, akhlak dan juga mata kuliah yang memadukan konsep agama dan psikologi itu sendiri. Selain itu, demi menunjang dan mengembangkan minat bakat mahasiswa di luar bidang akademik, sarana-sarana dalam wujud Unit-Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang seni, organisasi, jurnalistik, keagamaan dan olah raga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa.

Fakultas Psikologi UMM juga dilengkapi dengan perpustakaan digital, lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif. Perkembangan dan kemajuan mahasiswa senantiasa dipantau oleh Dosen Wali masing-masing secara berkala. Mereka yang lambat dalam akademiknya akan diberikan bimbingan khusus agar tidak terus tertinggal. Jadi, belajar psikologi di Fakultas Psikologi UMM, banyak hal yang secara nyata dapat diperoleh. Bekal agama, keilmuan, ketrampilan-ketrampilan praktis, pengalaman-pengalaman di situasi nyata (masyarakat) merupakan nilai-nilai lebih yang ditawarkan oleh Fakultas Psikologi UMM. Dengan demikian lulusannya akan lebih percaya diri dan lebih siap untuk memasuki dunia kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar